Pages

Subscribe:

Labels

Blogroll

New Block

Jumat, 17 Mei 2013

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Berikut ini merupakan beberapa tips bagaimana cara merawat baterai laptop / notebook yang benar agar baterai dapat berumur panjang, .
  1. Jangan melepaskan baterai dalam keadaan laptop/notebook hidup. Pastikan Laptop / Notebook dalam posisi off
  2. Ketika pertama kali membeli Laptop/ Notebook baterai baru isi baterai hingga penuh 100% dahulu, kemudian cabut adaptor dan gunakan sampai level baterai seminimal mungkin baru charge lagi, untuk tahap ini jangan melakukan charge saat kapasitas baterai masih diatas 10%  lakukan langkah diatas sebanyak 3x maksud diatas adalah agar baterai memperoleh kapasitas maksimal penyimpananya.
  3. Pastikan suhu ruangan dalam keadaan normal (tidak terlalu panas) karena suhu yang tinggi mempengaruhi performa betarai, jika menggunakan laptop dalam waktu lama usahakan memekai bantalan kipas laptop sehinggal panas dari laptop atau notebook anda cepat terbuang.
  4. Semua baterai mempunyai life cycle / siklus isi ulang yang terbatas, dan grafik siklusnya cenderung menurun,semakin banyak baterai mengalami proses charge-dischare, maka kapasitas baterainya pun akan semakin menurun, maka dari itu hindari melakukan sistem charge yang kurang baik yaitu Charge Discharge (CdC). Apabila baterai penuh maka adaptor dilepas dan ketika baterai mulai habis baru adaptor di pasang lagi.
  5. Hindari baterai kosong sampai 0% karena nantinya akan mempengaruhi Cycle Count pada baterai.
  6. Mayoritas sistem charging pada laptop sekarang sudah memakai automatic charging dimana arus yang mengisi baterai pada laptop akan dihentikan secara otomatis ketika baterai sudah berada pada level penuh 100% jadi jangan takut melakukan cara ini akan membuat baterai anda menjadi (soak). lebih baik memakai cara ini dari pada Charge and Discharge.
  7. Dalam kondisi menggunakan baterai usahakan tidak melakukan pekerjaan olah data yang berat pada laptop atau notebook karena olah data atau pekerjaan yang berat seperti grafis (memutar fim dengan resolusi tinggi / game berat) akan memakan atau mengkonsumsi daya yang cukup banyak sehingga baterai menjadi cepat habis, dan hal ini akan berdampak negatif pada baterai sobat semua.
  8. Charge laptop/ Notebook anda pada level kisaran 15-20%, berdasarkan pengalaman pengecasan pada level yang rendah akan berakibat buruk pada komponen hardware laptop / notebook anda, karena tegangan yang turun akibat konsumsi daya hardware dibawah ambang normal dapat merusak komponen, seperti halnya hardisk (dapat menyebabkan bad sector, hati-hati), sedangkan pengecasan pada level diatas 20% pun kurang baik karena akan menyebabkan kapasitas maksimum baterai menjadi berkurang.
  9. Hindari baterai dari air dan panas matahari
    Baterai paling anti dengan dua hal terebut, air dapar menyebabkan korosi pada terminal baterai, dapat juga menyebabklan hubung singkat baterai, sedangkan sinar matahari dapat membuat suhu baterai meningkat sehingga komponen didalamnya akan memuai dan mengalami perubahan seperti baterai menjadi menggembung.
  10. Jika baterai sudah menunjukkan itikad yang kurang baik..hee , maksudnya cepat habis segeralah ganti baterai anda karena baterai yang sudah “soak” dapat membahayakan komponen dalam laptop / notebook anda.

cara merawat baterai laptop
Jadilah Blogger Yang Beretika, dengan mencantumkan Link Sumber yaa.. ^^ Original Posted by : http://www.ictclubsmpn10.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar